Kenapa Square Enix Akhirnya 'Melek' Soal Rilis Bersamaan?

Era Baru: Rilis Bersamaan?
Gila sih, tahun 2024 tapi masih ada aja perusahaan game yang ngelakuin hal-hal aneh soal rilis game. Kayak Rockstar misalnya, Red Dead Redemption 1 udah keluar di Switch dan PS4, tapi mereka ngelamun setahun sebelum akhirnya nyebarin ke PC (dan siapa sih yang tau apa yang bakal mereka lakuin sama GTA 6?). Terus Square Enix, nari-nari di depan mata kita tentang port Final Fantasy 16 buat PC yang udah pasti kita tau bakal keluar, tapi tetep bilang kalau gamenya "hanya untuk PS5" selama setahun penuh.
Eh, ternyata Square Enix akhirnya “melek”. Gak lagi-lagi lah ya kita ngalamin nunggu setahun buat dapetin gamenya. Dalam sebuah obrolan sama 4gamer, Naoki "Yoshi-P" Yoshida, si bapak Final Fantasy 14 yang kayaknya paling capek di seluruh alam semesta, bilang (ini hasil terjemahan mesin loh ya): “Kedepannya, game-game Square Enix akan dirilis bersamaan di semua platform.”
Fantasian: Awal Baru?
Wah, seruu! Yey! Baru mau berbunga-bunga, Yoshi-P ngeluarin informasi barunya: Fantasian: Neo Dimension. Ya, versi layar gede dari game Apple Arcade tahun 2021 itu. Gamenya bakal rilis di Switch, PlayStation, Xbox, dan PC pada tanggal 5 Desember. "Kita akan merilis game ini di lima platform sekaligus supaya semua orang bisa mainkan," kata Yoshi-P. "Platform sebanyak ini luar biasa, berkat kerja keras para programmer di Mistwalker!"
Yoshi-P beberapa kali ngucapin terima kasih buat Mistwalker, kayaknya ngeluarin Fantasian di banyak platform barengan gini bikin mereka kelimpungan. "Kita minta maaf karena merepotkan Mistwalker, tapi merilis gamenya barengan di semua platform kayak gini bikin orang-orang antusias. Jadi kita berterima kasih banget atas kerja keras mereka.”
Antusias, Tapi...
Antusias? Hmmm... sebenernya sih, jujur aja, gue rada bete karena harus nunggu setahun untuk main FF16. Yah, bisa dibilang Square Enix cuma mikirin cuan aja sih, soalnya pasti mereka dapat banyak banget untung dari nunggu-nungguin FF16 di PC itu kan? Gue sih nulis tentang game, bukan buat game. Mungkin merilis game barengan itu emang bikin Mistwalker kewalahan. Makanya Square Enix perlu mengubah sistem kerjanya untuk mempermudah proses merilis gamenya secara serentak.
Teka-Teki Square Enix
Atau jangan-jangan emang Square Enix dasarnya unik aja ya. Ahahaha.. entahlah.. Mungkin kita gak bakalan tau sebenarnya apa sih yang ada di kepala mereka.
Posting Komentar untuk "Kenapa Square Enix Akhirnya 'Melek' Soal Rilis Bersamaan?"
Posting Komentar