Dragon Age: 15 Tahun Perjalanan Dan Kekecewaan

Perjalanan Panjang Dragon Age
Wah, Dragon Age udah 15 tahun! Waktu terasa ngebur, tapi bagi game yang udah nemenin kita selama ini, rasanya kayak seabad. Berawal dari jaman mudanya di tahun 2009, waktu itu gue masih nge-game pake sandal jepit dan kaos oblong. Dragon Age: Origins ngeluncur, membawa BioWare keluar dari RPG D&D seperti Baldur's Gate dan Neverwinter Nights.
Kisah Awal di Dragon Age: Origins
Saat itu, mereka masih ngejar-ngejar style "berani" dan "gelap", dengan banyak darah dan adegan kekerasan yang... yah... gila. Gw masih inget banget EA promoin Origins dengan scene "panas" si Morrigan. Eh, waktu itu gue juga masih "ngacir” dari tugas kuliah demi main game. Padahal dibelakangnya, game ini penuh dengan kisah menarik dan kompleks.
Ceritanya sih agak ngenes, tentang elu, pemainnya, yang tiba-tiba dihadapkan dengan bencana di dunia Dragon Age. Kisah ini menggambarkan bagaimana elu bisa nyelametin Ferelden, dunia yang penuh intrik, kekerasan, dan masalah internal. Pertama, Dragon Age ngajarin gue kalo cerita yang “gelap” itu enggak harus dibungkus sama warna gelap pula. Origins punya warna yang cenderung pucat. Mungkin ini sengaja, soalnya ceritanya kan “pucat” dan muram, gue sempet galau, soalnya ceritanya penuh intrik yang “gak kenal ampun”. Tapi itu juga yang ngasih rasa realistis.
Pengalaman di Dragon Age 2
Gameplay Origins ini sebenarnya agak mirip dengan RPG klasik. Ini gue rasain waktu main Dragon Age 2. Dragon Age 2 lebih mirip dengan RPG console dan lebih fokus pada cerita yang terjadi di Kirkwall, suatu kota yang mirip dengan Kota Tua.
Cerita yang nyerempet “tragedi” dan “menyeramkan" sangat seru dan menegangkan, terutama buat pemain seperti gue yang hobi ngalamin cerita yang kompleks dan banyak pilihan. Gue ingat waktu main Dragon Age 2, sempet nyari-nyari cheat biar cepat maju levelnya (iya, gue pelakunya!), dan sempet galau ngebiarin karakter yang gue suka mati atau nge-save dia. Ini nih, yang bikin game ini seru dan menyentuh.
Terus, gue lupa ngebahas Varric, seorang pengawal dwarf yang suka ngomongin ngomongin ngomongin (nah kan, gue lupa dikit!). Varric, karakter yang lucu dan pinter. Varric yang jadi juru cerita yang asik di DA2 dan nyumbang beberapa dialog kocak yang nyambung banget ke ceritanya.
Menjelajahi Dunia Open-World di Dragon Age: Inquisition
Dragon Age: Inquisition, sebenarnya ngasih gue pengalaman main open-world RPG yang menarik. Enggak cuma satu, ada banyak wilayah, termasuk hutan elf, pantai, dan desert. Cerita di game ini pun lumayan seru, kita jadi kepala organisasi "Inquisisi" dan harus ngerumpunin orang buat ngelawan “ancaman besar”. Game ini kayak gini nih, tiap main gue selalu ngerasa peran sebagai pahlawan sejati, walau masih rada ragu waktu ngehadapi beberapa musuh besar.
Kekecewaan di Dragon Age: Inquisition dan The Veilguard
Gue lupa cerita yang kurang memuaskan di Inquisition ini! Ancaman di Inquisition ini enggak seribet ancaman di Origins dan ceritanya agak ngecewain buat gue yang ngarepin sesuatu yang “wow!”. Ini game ini yang buat gue rada jengkel.
Nah, yang paling baru, Dragon Age: The Veilguard ini fokus banget ke action dan lebih simple daripada sebelumnya. Sistemnya sih masih kepengaruh Dragon Age 2 dan Origins. Tapi ceritanya rada mengecewakan. Enggak terlalu dalam dan masih agak sederhana dibanding tiga game Dragon Age sebelumnya.
Perubahan Dragon Age
Secara visual sih lumayan menarik, dengan banyak pemandangan megah dan teknologi sihir yang fantastis, yang terinspirasi dari cerita fantastis lain, kayak Game of Thrones dan MCU, gue kira-kira begitu. Aneh, karena sebelumnya game ini nyajikan kesan "dark fantasy" dengan sentuhan kekelaman dan kesedihan yang luar biasa.
Sampai akhirnya gue jadi heran, kenapa seiring jalannya Dragon Age, kelihatan semakin kurang "mendalam" cerita dan gameplay-nya. Memang sih ada sebagian orang yang bilang Dragon Age masih bagus dan enggak ada salahnya terus dikembangkan, apalagi game ini punya banyak fanbase yang loyal, tapi buat gue Dragon Age kalo sudah ngelanggar formula kesukesannya, akan sangat rugi.
Kesenangan dan Kekecewaan yang Membekas
Sisi lainnya, pengalaman bermain Dragon Age terus membekas, terutama saat menghadapi keputusan besar dalam cerita, dan ngerasain dunia fantastis dan rumit dari game ini, tapi seiring berjalannya waktu, kekecewaan yang tertanam dalam diri sangat dalam. Game ini jadi salah satu game favorit gue, meskipun rasa cinta itu terbalut kekecewaan, dan mungkin enggak akan terulang lagi di Dragon Age: The Veilguard.
Posting Komentar untuk "Dragon Age: 15 Tahun Perjalanan Dan Kekecewaan"
Posting Komentar