Dragon Age: 15 Tahun Perjalanan Dan Kekecewaan

Sebuah gambar yang memperlihatkan para karakter dalam game Dragon Age sedang bertarung

Perjalanan Panjang Dragon Age

Wah, Dragon Age udah 15 tahun! Waktu terasa ngebur, tapi bagi game yang udah nemenin kita selama ini, rasanya kayak seabad. Berawal dari jaman mudanya di tahun 2009, waktu itu gue masih nge-game pake sandal jepit dan kaos oblong. Dragon Age: Origins ngeluncur, membawa BioWare keluar dari RPG D&D seperti Baldur's Gate dan Neverwinter Nights.

Kisah Awal di Dragon Age: Origins

Saat itu, mereka masih ngejar-ngejar style "berani" dan "gelap", dengan banyak darah dan adegan kekerasan yang... yah... gila. Gw masih inget banget EA promoin Origins dengan scene "panas" si Morrigan. Eh, waktu itu gue juga masih "ngacir” dari tugas kuliah demi main game. Padahal dibelakangnya, game ini penuh dengan kisah menarik dan kompleks.

Ceritanya sih agak ngenes, tentang elu, pemainnya, yang tiba-tiba dihadapkan dengan bencana di dunia Dragon Age. Kisah ini menggambarkan bagaimana elu bisa nyelametin Ferelden, dunia yang penuh intrik, kekerasan, dan masalah internal.  Pertama,  Dragon Age  ngajarin gue kalo cerita yang “gelap” itu enggak harus dibungkus sama warna gelap pula. Origins punya warna yang cenderung pucat.  Mungkin ini sengaja, soalnya ceritanya kan “pucat” dan muram,  gue  sempet  galau,  soalnya ceritanya penuh intrik  yang “gak kenal ampun”. Tapi  itu  juga  yang  ngasih rasa realistis.

Pengalaman di Dragon Age 2

Gameplay Origins ini sebenarnya agak mirip dengan RPG klasik. Ini  gue  rasain  waktu  main  Dragon Age  2. Dragon Age  2 lebih  mirip dengan RPG console  dan lebih fokus pada cerita yang terjadi di  Kirkwall, suatu kota yang mirip dengan Kota Tua.

Cerita  yang  nyerempet “tragedi” dan “menyeramkan"  sangat  seru dan menegangkan, terutama  buat  pemain seperti gue yang hobi  ngalamin  cerita yang kompleks  dan banyak pilihan.  Gue  ingat waktu main  Dragon Age  2,  sempet  nyari-nyari cheat biar cepat maju levelnya  (iya,  gue  pelakunya!),  dan  sempet  galau ngebiarin karakter yang gue suka mati atau nge-save dia. Ini nih, yang bikin game ini seru dan  menyentuh.

Terus,  gue  lupa ngebahas Varric,  seorang  pengawal dwarf yang suka ngomongin ngomongin ngomongin  (nah kan, gue  lupa  dikit!). Varric, karakter yang lucu dan pinter. Varric yang   jadi juru cerita yang asik di DA2 dan nyumbang beberapa dialog kocak yang nyambung banget ke ceritanya.

Menjelajahi Dunia Open-World di Dragon Age: Inquisition

Dragon Age: Inquisition, sebenarnya ngasih gue pengalaman main  open-world RPG  yang menarik.   Enggak cuma satu, ada banyak wilayah,  termasuk  hutan elf, pantai, dan  desert.   Cerita  di game  ini  pun  lumayan seru, kita jadi kepala organisasi "Inquisisi" dan  harus ngerumpunin orang buat ngelawan “ancaman besar”.  Game  ini kayak gini nih,  tiap main gue selalu  ngerasa  peran sebagai pahlawan sejati,  walau   masih rada ragu waktu  ngehadapi beberapa musuh besar.

Kekecewaan di Dragon Age: Inquisition dan The Veilguard

Gue lupa cerita  yang  kurang memuaskan di Inquisition ini!  Ancaman di Inquisition ini   enggak seribet ancaman di Origins  dan ceritanya agak ngecewain buat gue yang ngarepin sesuatu yang “wow!”. Ini game ini yang buat gue rada jengkel.

Nah, yang paling baru,  Dragon Age: The Veilguard  ini   fokus banget ke action dan lebih simple daripada sebelumnya.  Sistemnya sih masih   kepengaruh Dragon Age 2 dan Origins. Tapi ceritanya  rada mengecewakan. Enggak terlalu dalam dan masih agak sederhana dibanding tiga game Dragon Age sebelumnya.

Perubahan Dragon Age

Secara visual sih  lumayan menarik, dengan banyak pemandangan   megah dan teknologi sihir   yang  fantastis,  yang terinspirasi dari cerita   fantastis lain, kayak   Game of Thrones dan  MCU, gue kira-kira begitu. Aneh,  karena sebelumnya  game  ini   nyajikan  kesan "dark fantasy" dengan sentuhan   kekelaman dan kesedihan  yang  luar biasa.  

Sampai akhirnya gue jadi heran, kenapa  seiring jalannya  Dragon Age,  kelihatan semakin kurang "mendalam" cerita dan gameplay-nya. Memang sih ada sebagian orang yang bilang  Dragon Age  masih bagus dan   enggak ada salahnya  terus dikembangkan,  apalagi game ini punya banyak fanbase  yang loyal, tapi  buat gue  Dragon Age  kalo sudah ngelanggar  formula kesukesannya,  akan sangat rugi.  

Kesenangan dan Kekecewaan yang Membekas

Sisi lainnya,  pengalaman bermain  Dragon Age   terus membekas, terutama   saat  menghadapi keputusan besar dalam cerita, dan ngerasain dunia fantastis dan rumit dari game ini,  tapi  seiring berjalannya  waktu,  kekecewaan   yang  tertanam dalam diri   sangat dalam.   Game  ini   jadi salah satu game favorit gue,   meskipun   rasa cinta itu terbalut   kekecewaan, dan mungkin   enggak akan terulang lagi di  Dragon Age: The Veilguard.

Posting Komentar untuk "Dragon Age: 15 Tahun Perjalanan Dan Kekecewaan"